Thursday, September 14, 2017

BANGGA MENJADI INDONESIA


Puluhan pantai indah berpasir putih dengan bentangan lansekap perbukitan yang menawan, pulau-pulau kecil yang menawan, air terjun elok, Gunung Rinjani dengan danau segara anak  yang menggairahkan. Ya, itulah Lombok, sebuah pulau mempesona dengan  julukan pulau seribu masjid yang pada kurun waktu belakangan menjadi sorotan karena kemenangannya di ajang penghargaan wisata halal dunia. Belum lagi ragam budaya mulai dari Presean, Lebaran Adat, Maulid Adat dan Nyongkolan, siapapun pastilah akan terpesona.

Patut banggakah kita yang berdomisili?

Iya, itu pasti, bangga menjadi masyarakat Lombok sejatinya harus terpatri dengan segala karunia Allah SWT, sungguh patut hal itu kita syukuri.

Kita beralih ke timur, di sana terletak pulau Sumbawa, sebuah pulau dimana terkandung emas di dalamnya. Bukan hanya itu saja, di sana ada Pulau Moyo, pulau yang pernah dikunjungi Lady Diana untuk berwisata. Semakin ke timur, kita akan berjumpa dengan Gunung Tambora, gunung dengan letusan yang mengguncangkan dunia, debu letusannya menutupi mulai dari Benua Asia, Eropa hingga Afrika. Semakin ke timur, tepat di ujung pulau, di sana terletak Bima, Dana Mbojo Dana Mbari yang berarti tanah keramat, tanah penuh misteri , persinggahan transportasi dunia pada zaman dahulu kala.

Gabungkanlah dua pulau tersebut, maka jadilah Nusa Tenggara Barat, sebuah provinsi dengan 3 (tiga) suku asli di dalamnya (Sasak, Samawa, Mbojo), hidup rukun tepa slira. Provinsi yang kaya, bukan hanya karena sumber daya alamnya, tapi juga sumber daya manusia. Banggakah saya dengan NTB?

Ya, tentu saja saya bangga, apalagi provinsi ini memiliki pemimpin yang mumpuni, bukan hanya dalam hal duniawi, tapi juga ukhrowi.

Kita semua mahfum pastinya, bahwa Provinsi NTB terletak di Indonesia, sebuah Negara Kesatuan yang membentang mulai dari timur Sumatra sampai barat Papua, dengan beragam bahasa, budaya, suku bangsa dan agama. Negeri dengan tanah subur, dimana tongkat kayu dan  batu pun  jadi tanaman. Negara kepulauan dengan sumber daya alam yang berlimpah, yang kekayaannya pernah menjadi buah bibir dunia, hingga membuat kita terjajah tiga setengah abad lamanya.

Banggakah kita dengan Indonesia?

Ya, tentu saja. Negeri ini layaknya surga, apa yang kita inginkan tersedia. Lalu cukupkah semua hanya dengan berbangga? Tentu saja tidak, ada hal-hal yang harus kita pelihara, jaga dan rawat, jangan biarkan siapapun yang berniat jahat. Kita harus bersatu, abaikan perbedaan pandangan, agama maupun suku, untuk membuat Indonesia maju.

"Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba flashblogger dengan tema bangga Lombok, bangga NTB, bangga Indonesia, yang di selenggarakan oleh kemkominfo pada hari Jum'at 15 September 2017 dalam acara workshop Flash Blogging  dengan tema Bijak Bermedia Sosial".  

No comments:

Post a Comment