Wednesday, April 18, 2018

FROM INDONESIA TO TIMOR LESTE WITH TOYOTA



Prolog
Mobil lawas itu memasuki parkir depan Gedung Krida Toyota NTB. Melihatnya mengingatkan saya akan kenangan lama, sebuah Kijang Toyota yang pernah dimiliki oleh orang tua.
Ya, orang tua saya pernah memiliki mobil dengan jenis yang sama, dibeli oleh almarhum Bapak  melalui acara lelang di kantornya. 
Taman Mini Indonesia Indah adalah tempat yang paling sering kami kunjungi, suara berderak dari rongga kaca jendela  selalu menemani perjalanan, maklumlah namanya juga mobil tua.
Namun kali ini lain cerita, mobil lawas di atas mungkin hanya tahun keluarannya saja yang sama dengan milik orang tua saya, dari sisi ketangguhan jelas sangat berbeda, karena mobil pabrikan tahun 1979 tersebut  telah membuktikan, bahwa tua belum tentu tidak perkasa, mulai dari Jakarta hingga Timor Leste negeri tetangga, mampu dijelajahinya. Mau tau bagaimana serunya, berikut cerita selengkapnya!


Beyond Wonderful Indonesia with Toyota
Kamis 29 Maret 2018, 17 orang yang tergabung dalam tiga komunitas mobil dengan merk Toyota mulai melakukan journey. Velozity, TKCI, dan Tosca  itulah nama ketiga komunitas tersebut, dengan menggunakan 2 unit Toyota Avanza Veloz, 1 unit Toyota Kijang tahun 1980, 1 Unit Toyota Sienta, mereka memulai perjalanan dari Jakarta menuju negeri tetangga, Timor Leste. Perjalanan dengan jarak lebih dari 8000Km dengan rute Jakarta – Bali –Lombok – Sumbawa – Pulau Moyo – Bima – Sape - Labuhan Bajo – Ende – Larantuka -  Kupang – Atambua – Dili ini mereka tempuh dalam waktu 21 hari (pulang pergi). Gila, sungguh luar biasa! Membayangkannya saja bagi saya sudah sangat menggairahkan, apalagi mengalaminya secara langsung.

For Your Information, perjalanan ini adalah yang ke-5 kalinya diadakan oleh komunitas-komunitas ini. Pada tahun – tahun sebelumya mereka sudah melaksanakan kegiatan serupa dengan tujuan berbeda. Mulai dari Bali, Sabang (Pulau We), Sulawesi, Brunei dan yang terakhir sekarang ini, negeri tetangga Timor Leste



Krida Toyota Melepas Tiga Komunitas Kembali Ke Jakarta
Selasa 17 April 2018, 3 unit mobil yang tergabung dalam journey ini tiba di Krida Toyota NTB setelah sebelumnya melakukan perjalanan non stop dari Timor Leste, sementara 2 unit mobil lainnya telah tiba lebih dulu dan melakukan kegiatan Explore Lombok bersama komunitas yang ada di pulau ini. Dukungan dari Krida Toyota jelas terlihat pada kegiatan ini, Tim ini disambut dengan meriah melalui pemberian kain songket dan suguhan tari tradisional khas Suku Sasak, yang kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari owner Krida Toyota NTB. 

Setelah acara seremonial, sessi berikutnya adalah mendengarkan kisah perjalanan tim ini. Hal menarik dari apa yang mereka sampaikan adalah, bahwa tidak ada kerusakan berarti yang dialami oleh kendaraan mereka. Beratnya rute, terutama di daerah NTT juga menjadi sebuah tambahan informasi bagi kami yang hadir. Selain itu mereka juga menceritakan mengenai betapa indahnya negeri kita tercinta ini. Hmmm, wonderful Indonesia, I Love You Full pokoknya.


Acara ramah tamah selesai, kemudian dilanjutkan pelepasan tim secara simbolis untuk kembali ke Jakarta. Ah, sungguh acara yang sangat mengesankan, mendapatkan informasi  mengenai negeri tercinta dan merasakan atmosfir dari mereka yang berani menjelajahi nusantara. Sungguh, acara ini menambah rasa cinta terhadap negeri . Terimakasih Krida Toyota yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk berpatisipasi.


Epilog
Setiap perjalanan pasti menghadirkan kisah, semoga setiap perjalanan yang kita lakukan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan pribadi kita pada khususnya.

Explore Lombok credit by IG: @velozity




Explore Lombok credit by IG: @velozity






sekali - kali narsis bolehlah :)





17 comments:

  1. KIJANG JADUL NYA OKE JUGA NIH'
    MASIH KUAT BUAT EXPLORE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, sy aja salut... Cuma kalah d kecepatan aja sama mobil2 baru

      Delete
  2. mantap tuh kijang pesek...serbaguna bisa juga buat ngangkut kelapa ucha

    -dadink-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah baru tw gw pernah d pake ngangkut kelapa 😂

      Delete
  3. Kijang pesek putih biru penuh memory...anter dan jemput ato aji dan umi pulang haji di pdk gede

    ReplyDelete
  4. Wuiihh 8000km...mantaabb jiwa👍

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Dr pertama alm papah punya mobil ya Toyota...sampe nurun ke anak2nya yg rata2 pake mobil Toyota 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, toyota teruji dan trbukti

      Delete
  7. iqbal hebat...ibu nur 44 bangga lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih bunda 🙏 ... Bukan apa2 ini mah bu

      Delete
  8. Toyota lincah.. Bisa diajak berpetualang utuk cari jodoh gk ya.. He

    ReplyDelete