Thursday, May 31, 2018

Tiga Spot Wajib Kunjung Di Mataram #PesonaRamadan2018




Ramadan. Siapa tak kenal bulan ini, bulan spesial bagi umat islam. 
Bulan di mana pahala dilipatgandakan, rahmat tercurah, berkah melimpah, dan ampunan diberikan bagi siapa saja yang menginginkan. Ramadan juga merupakan bulan melatih kesabaran, karena pada bulan tersebut umat islam diwajibkan berpuasa, tidak hanya menahan lapar dan dahaga, namun juga menahan emosi jiwa.

Namun, janganlah lapar dan dahaga membuat kita tidak beraktivitas seperti biasa. Justru di bulan ini sejatinya segala aktivitas, terutama yang terkait dengan ibadah kita tingkatkan. Selain dengan ibadah yang ditingkatkan, kalau memang ada waktu lebih untuk jalan – jalan kenapa tidak dilakukan?

Terkait dengan jalan -  jalan (baku nian bahasa ini, semacam nyusun skripsi :p) , saya sarankan untuk memilih Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai tujuan.
Memangnya ada apa di Mataram?
Yang jelas ada saya pastinya, berjumpa dengan saya insyaa Allah akan membuat anda semua berbahagia, he. Apa coba!

Ramadan di Mataram pastinya akan membuat anda terkesan dan merasa kerasan, istilah kekiniannya feelnya dapet banget, karena  di kota ini terletak sebuah masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat NTB yaitu Masjid Hubbul Wathan,  di masjid ini pulalah pusat segala kegiatan Ramadan dilakukan dengan tajuk Pesona Khazanah Ramadan.

Memangnya ada kegiatan apa aja di sana?
Sabar sedikit bro and sist. Ulasan mengenai  kegiatan di Masjid Hubbul Wathan tersebut akan menjadi bahasan utama saya, namun sebelumnya saya juga akan memperkenalkan beberapa tempat keceh untuk menghabiskan waktu luang  ketika berada di Kota Mataram. Agar lebih sedap kita akan membahasnya mulai dari sebelah barat kota, kemudian bahasan akan berakhir di Masjid Hubbul Wathan. Asseeekkkk.

PANTAI AMPENAN

Pantai Bom, begitu masyarakat sekitar menyebutnya. Mengapa dinamakan demikian? Konon menurut cerita pesawat penjajah (Belanda/Jepang) acapkali menjatuhkan bom di kawasan tersebut. Ini dikarenakan  pantai yang dulunya memiliki pelabuhan penyebrangan ini merupakan pelabuhan utama menuju Pulau Lombok dari Bali maupun Jawa, dimana tempat ini menjadi pusat perdagangan pada masanya.

Melakukan swafoto di bangunan-bangunan kuno, bermain air laut sembari menunggu matahari terbenam merupakan beberapa aktivitas yang dapat dilakukan. Jangan khawatir perihal kuliner, di tempat ini tersedia beberapa lapak seafood maupun makanan khas Lombok seperti plecing kangkung dan lainnya untuk dijadikan santapan berbuka puasa. Bagi mereka yang ingin melaksanakan  ibadah sholat, di tempat ini juga tersedia mushola yang terawat dengan baik.
pintu gerbang menuju pantai (dokpri)

bangunan tua di dekat pantai (dokpri)


bangunan tua di pintu masuk pantai (dokpri)

Pantai Ampenan berada di sudut barat Kota Mataram. Untuk menuju lokasi ini sangatlah mudah, karena  berada di pinggir kota persis. Tapi sayangnya belum ada transportasi umum yang tersedia. Bila kalian berminat mengunjunginya, opsi terbaik adalah dengan cara menyewa motor.
sunset di pantai ampenan (dokpri)

“Berbuka puasa sambil melihat matahari terbenam, sungguh nikmat kamu yang manakah yang kamu dustakan”

KAWIS KRISANT

Itulah nama lokasi kedua yang wajib dikunjungi oleh mereka yang berada di Kota Mataram. Tempat ini berada di pemukiman padat penduduk, tepatnya di Kelurahan Kebon Lelang Kota Mataram.
Berawal dari ide seorang wanita super bernama Aisyah, hunian tepi sungai ini menjadi suatu lokasi yang menarik untuk dikunjungi.
berfoto di depan perahu yang disusun dari ecobrick

Selain merubah pemukiman yang tadinya kumuh menjadi hunian berwarna-warni, Kawis Krisant juga mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, dengan cara mendirikan Bank Sampah.

Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di tempat ini, mulai dari swafoto dengan variasi latar di pemukiman warna-warni, melihat proses pembuatan kerajinan daur ulang, proses pembuatan pupuk organik, pembuatan ecobrick, dan melakukan aktivitas memancing tepi sungai. Hal terpenting menurut saya, selain berwisata di tempat ini kita bisa belajar tentang pentingnya mengelola sampah menjadi sesuatu yang menguntungkan.
Ingin memiliki buah tangan dari tempat ini?  Don’t Worry,  Kawis Krisant menyediakan berbagai produk daur ulang mulai dari tas, dompet, dan berbagai jenis tanaman kaktus hias.

Berminat merapat? Tenang aja, gampang kok, tinggal googling aja, he. Gak gitu juga sih. Tempat ini berada tidak jauh dari Pantai Ampenan, sekitar 1Km ke arah timur dari Pantai, dengan akses jalan semulus muka artis Korea kita akan sampai ke lokasi dengan waktu kurang dari 10 menit dari lokasi pertama.
lokasi memancing

“Berwisata sembari mendapatkan tambahan wawasan, sungguh nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”

Bagaimana?
Masih belum puas juga jalan-jalannya?
Baiklah, kita menuju lokasi inti yaitu :

MASJID HUBBUL WATHAN
Masjid ini merupakan bagian dari Islamic Center Provinsi NTB yang berlokasi tepat di jantung kota, jadi saya rasa tidak perlu berpanjang lebar untuk menjelaskan mengenai akses menuju lokasi ini (Googling ajalah), he.
Ini adalah kali kedua kegiatan Pesona Khazanah Ramadan diadakan. Memang kegiatan ini tidak  semeriah tahun lalu di mana Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok Sumbawa terlibat penuh, tapi tetap saja kegiatan ini menyedot minat masyarakat untuk berdatangan. Ragam aktivitas menarik tersedia selama kegiatan berlangsung, saya akan coba urutkan mulai dari menanti waktu berbuka hingga sholat tarawih tiba.
·            Melihat kota melalui Minareth 99
Datanglah setelah sholat Ashar, dengan berbekal uang Rp.5000,- kita dapat menaiki menara setinggi 99 meter. Dari ketinggian ini kita bisa melihat kota Mataram secara utuh.
·       
   Bazar Buku Islami
Ingin menambah koleksi bacaan islami? Datanglah ke tempat ini, mulai dari Al-Qur’an, kumpulan hadits, buku-buku motivasi, hingga novel islami tersedia di sini. Tentu saja dengan diskon yang menarik hati.
 
·            Memanah
Mensana in  corpore sano. Sehatkan diri agar jiwa menjadi kuat. Ini dapat kita lakukan dengan mencoba aktivitas memanah yang tersedia. Bagi yang belum punya pasangan, ini juga bisa untuk melatih memanah hati pasangan yang kita inginkan, eeeaaaa.
·       
      Bazar Kuliner
Menunggu berbuka tapi belum sempat membeli takjil dan makanan berbuka? Jangan khawatir, di tempat ini juga tersedia bazar makanan. Mulai dari kolak, es buah, sampai es kepal milo yang kekinian tersedia di sini.
·      
     Tarawih Berjamaah
Ingin merasakan tarawih seperti layaknya di Masjidil haram? Di tempat ini kita bisa merasakan Sholat Tarawih yang di Imami oleh para Hafidz Al- Qur’an dari Negara Timur Tengah secara bergiliran setiap 10 hari.

“Sehat karena memanah, merdunya suara Imam pada sholat tarawih berjamaah, sungguh nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”

Bagaimana guys, menarik bukan suasana pesona khazanah ramadhan di Kota Mataram? Ayo datang, rasakan sensasinya dan reguk pahalanya . 



16 comments:

  1. Keren...ga habis2 pesona kota mataram bila di ulas

    ReplyDelete
  2. Ini baru 3 spot di kota Mataram ya.
    Pantes, kemarin ngulas empat kabupaten, serasa nanjak Rinjani di trip 3 hari 2 malam.
    Hahahaha ..

    ReplyDelete
  3. Knp yg manah modelnya harus cowok botak... ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sbenernya sy mw mintol faqihkribo yg manah... Biar skalian dy latihan manah hati cewek ๐Ÿ˜‚

      Delete
  4. Gak sabar mau jalan jalan kesana tahun ini ,insyallah

    ReplyDelete
  5. Udh ngerasain naek ke menara 99 masjid hubbul wathan....MasyaAllah Kereenn๐Ÿ‘๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, tp mbak pasti belum ke kawis krisant

      Delete
  6. Sangat2 menarik. Kepikiran kapan Ramadhan saya ingin ke sana... NTB saya baru ke Sembalun nya saja...

    Ah Indonesia ini teramat kaya ya...

    ReplyDelete